Bikin Tanda Tangan Digital di PDF

Posted on Updated on

DigiSigner adalah utilitas kecil dan gratis yang menampilan file PDF, serta menandatangani dan memverifikasinya secara digital. DisiSigner menggunakan standar sertifikasi X 509 untuk menandatangani file PDF. DigiSIgner memungkinkan Agan untuk menggunakan sertifikat lain dari key yang tersedia di Windows Agan (file PFX/PKCS#12) ataupun dari Smartcard (file PKCS#11). Key yang telah ada, dapat dengan mudah Agan tambah dan ganti. Hal ini dikarenakan DigiSigner akan mengingat segala perubahan yang telah dibuat.

Dengan DigiSigner, Agan dapat mendesain tampilan dan meletakkan tanda tangan sesuai dengan apa yang agan inginan. Selain itu, tanda tangan yang telah Agan buat akan dapat diverifikasi di Adobe Reader, begitu pula sebaliknya.

Digital signature kerjanya dibagi 2 bagian, memastikan konten tidak dirubah dan memastikan identitas si pengirim.

Untuk memastikan konten ga dirubah, caranya sudah pasti dengan memanfaatkan algoritma Hash, misalnya MD5 atau SHA1. ada software gratis bernama Exactfile yg bisa dipake untuk membuat ini. dengan software tadi, tinggal drag and drop aja. hasilnya adalah sebarisan karakter2 yg sepintas keliatannya acak. nah, Seandainya ada 1 spasi aja yang diganti di dokumen tadi, baris karakter ini akan berubah drastis nilainya. jadi kalau hasil hash ini sama, kita bisa memastikan kalau dokumen tersebut ga dirubah2 di perjalanan

gimana dengan memastikan identitas ? yang ini agak sedikit rumit penjelasannya, tapi pada dasarnya, sebelumnya, kita mempersiapkan semacam penanda identitas berupa nama, nama usaha, pangkat dll, data ini kita berikan ke pihak ketiga yang sama2 kita percayai (disebut Certificate Authority, anggep aja polisi), oleh polisi ini, data tadi diolah dan disimpan. penanda identitas ini kemudian ditambahkan pada dokumen tadi.

jadi begitu ada orang mempertanyakan ttg dokumen tadi, dy bisa ke polisi untuk mengecek apakah nomer identitas sekian adalah benar si A, terus membandingkan nilai hashnya untuk memastikan dokumen itu ga dirubah. beres deh, identitas bisa di verifikasi, hasilnya juga pasti ga dirubah2.

kynya di software ini, si pembuat software menjadi “polisi” yang menyimpan dan memverifikasi identitas tadi. jadi prosesnya lebih sederhana…tapi akibatnya ga compatible ama software lain….

Jika Agan menggunakan OS Windows, software ini akan memudahkan Agan untuk membuka file PDF dengan menggunakan menu “klik kanan” pada mouse Anda. Software ini membutuhkan JRE 1.6 dalam pengoperasiannya

berikut pripiunya…
tanda tangan
ttd
ttd
ttd
ttd
ttd
ttd

Kalo agan2 tertarik dengan Software yang satu ini, Agan bisa Download di sini

kunjungi situs aslinya disini

sumber1

sumber2

Satu respons untuk “Bikin Tanda Tangan Digital di PDF

    sigate said:
    29 Juni 2015 pukul 6:58 AM

Tinggalkan komentar